Kamis, 20 Desember 2012

Alat Poles Mobil

 Alat Poles Mobil,Wilayah kerja dan Formula pembersihan
Pada awal pertama kali saya belajar salon(poles mobil), saya beranggapan hanya dengan peralatan seadanya saja tanpa alat poles mobil yang sesuai standar kita bisa melakukan salon mobil secara maksimal, tetapi pada kenyataannya hasil yang saya dapatkan tidak maksimal bahkan terlihat asal-asalan dalam menyalon mobil. Dari sini saya bisa belajar ternyata dalam salon mobil peralatan atau alat poles mobil yang kita butuhkan untuk salon mobil haruslah lengkap dan disesuaikan kondisi mobil yang akan di salon. Apakah mobil yang akan kita salon catnya original atau sudah dicat ulang dan seberapa level atau tingkat pengotor ,serta jenis kotoran yang menempel pada bagian-bagian mobil yang akan kita salon.
* Bagian-bagian yang harus dibersihkan
a. Eksterior Mobil
b. Interior Mobil
c. Ruang mesin
(artikel hanya bisa di temukan di www.alatpolesmobil.com)
a. Eksterior Mobil
Bagian-bagian eksterior mobil bisa dijabarkan sebagai berikut.
1) Roda dan Velg
2) Rumah Roda (fender),bibir fender, tameng lumpur (mudflaps)
3) Kolong bodi depan, kolong bodi belakang,kolong bodi samping (termasuk bagian sistem suspensi,rem,dan kemudi),serta tangki BBM.
4) Sayap-sayap (spoilers)
5) Bumper dan bumper guard
6) Knalpot dan ujung knalpot
7) Trim bodi yang terdiri dari emblem atau logo,engkol pembuka pintu,lubang kunci pada pintu,antena, sekeliling jendela,dan lis bodi.
8) Grile
9) Lensa lampu
10) Engsel- engsel pintu dan pilar didalamnya.
11) Kaca-kaca jendela termasuk tangkai pembasuh kaca(wiper)
12) Spion samping

Catatan : seluruh bagian tersebut  perlu di bersihkan/dicuci dan di lap hingga kering dan di lapisi wax.
(artikelhanya bisa di temukan di www.alatpolesmobil.com)
b. Interior Mobil
Bagian-bagian Interior mobil sebagai berikut.
1) Dashboard yang terdiri dari ventilasi AC, kotak-kotak penyimpan,tombol-tombol, setir,spion dalam,tempat menaruh botol atau gelas minuman,tuas transmisi, serta tangkai pengontrol lampu dan wiper.
2) Langit-langit dan penangkal sinar matahari.
3) Bangku-bangku(Jog) termasuk tuas pengatur.
4) Karpet,bawah karpet,dan sisi-sisi bangku.
5) Panel samping,panel-panel pintu,engkol pintu, pegangan pintu atau sandaran lengan,kantong-kantong yang ada di pintu.
6) Sabuk keselamatan ( Seatbelts)
7) Pedal-pedal pengendali,diantaranya pedal accelerator,pedal kopling( untuk mobil transmisi manual),pedal rem,dan pedal kick brake ( rem)
8) Keset atau karpet luar.
9) Deck belakang
10) Seluruh speaker
11) Tombol-tombol pembuka kap mobil dan bagasi,tombol pembuka tutup tangki bbm,ruang penyimpanan kunci-kunci mobil (tools kit box),dan ban serep.

Catatan : seluruh bagian tersebut perlu di sedot dengan alat penghisap ( Vacuum Cleaner ),dibersihkan dari kotoran yang sulit diisap,dan dikembalikan pada kondisi terbaik ( menghapus Noda)
(artikel hanya bisa di temukan di www.alatpolesmobil.com)

c. Ruang Mesin.

Ruang mesin terdiri dari bagian-bagian berikut ini.
1) Kap mesin termasuk bagian bawah kap mesin dan engsel kap mesin..
2) Karburator dan tutup saringan udara.
3) Intake manifold
4) Head and intake manifold
5) Badan mesin (engine block : bagian depan dan belakang)
6) Altenator depan,samping,dan belakang.
7) Komponen Ac depan, samping, dan belakang.
8) Komponen power Steering depan, samping, dan belakang.
9) Perkabelan
10) Punduk rumah roda dan Dinding ruang mesin.
11) Rangka dan bagian-bagian sitem kemudi
12) Radiator dan tabung air cadangan.
13) Tabung air pembasuk kaca
14) Tabung minyak rem dan power steering.
15) Accu termasuk kabel,baut-baut plastik penutupnya, dan terminal aki (kutub positif dan negatif)
16) Ruang antara grile dan radiator.

Catatan: seluruh bagian tersebut perlu di bersihkan dari kotoran yang menempel, kotoran yang telah mengerak, dan perlu di polesing (waxing).
(artikel hanya bisa di temukan di www.alatpolesmobil.com)


ALAT POLES MOBIL
Kelengkapan alat poles mobil sangat dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan membersihkan mobil. Pekerjaan ini tidak mungkin dilakukan secara mendetail jika hanya bermodalkan sikat dan kain. Sikat dan kain hanya bisa menjangkau bagian-bagian mobil yang besar.
Sementara itu, sudut-sudut kecil tidak mungkin dapat dijangkau. Karena itu, alat-alat pembersih berukuran kecil dan bersifat khusus sangat diperlukan. Anda tidak perlu bingung mencari peralatan untuk membersihkan mobil. Meskipun membutuhkan banyak peralatan, bukan berarti aemua peralatan membersihkan mobil sulit dicari. Anda pun tidak perlu berfikir bahwa alat poles mobil hanya pantas dimiliki oleh salon mobil.
Sebenarnya, alat poles mobil ada disekililing anda. Banyak sekali alat-alat pembersih yang bisa dimanfaatkan, Misalnya, alat-alat pembersih ruang dan perabotan rumah. Bahkan alat-alat pembersih tubuh juga bisa dimanfaatkan. Ambil contoh, tangkai berujung kapas untuk membersihkan telinga (cotton butt). Alat kosmetik yang hamper pasti ada di rumah ini bisa dipakai untuk membersihkan sudut sempit pada eksterior mobil , interior mobil , dan mesin mobil.
Meskipun begitu, beberapa alat khusus untuk membersihkan mobil perlu anda miliki, seperti chamois dan sepon (sponge). Alat poles mobil  lainnya kini banyak tersedia di pasaran. Desainnya dibuat sedemikian rupa agar mudah digunakan untuk mengangkat kotoran. Bahan atau material yang digunakan bahkan dirancang khusus agar tidak merusak permukaan yang dibersihkan dan tidak meninggalkan serat.
**    Kuas; Kuas Lukis Ukuran 6 atau 7, Kuas Cat Ukuran 1 atau 2
Kuas berguna untuk mengoleskan cairan pembersih (alat poles body mobil, alat poles interior dan exterior mobil) pada permukaan yang kotor, seperti pada sekeliling lampu, spion, trim jendela, emblem, dan pelek (velg).
 CATATAN: Metal yang menghubungkan tangkai dan bulu kuas perlu diisolasi dengan plaster (tape) sebelum digunakan. Langkah ini untuk menghindari tergoresnya cat atau permukaan lain akibat bergesekan dengan metal kuas.
**      Sikat Gigi dan Sikat Gigi Balita
Sikat gigi berguna untuk mengoleskan cairan pembersih dan menggosok permukaan yang kotor. Sikat gigi balita bermanfaat untuk menggosok kotoran di permukaan yang lembut.

**    Sikat Sepatu, Sikat Baju Berbulu Lembut, dan Sikat Plastik
Sikat sepatu untuk membersihkan kotoran di permukaan lembut, seperti bahan pembungkus jok dan trim pintu. Sikat yang agak kasar seperti karpet. Sikat plastik dapat dipakai untuk membersihkan karpet, atap vinyl (convertible) atau ban.

**      Spons (Sponge)
Spons berguna untuk membersihkan bodi dan bagian-bagian yang lain yang rentan terhadap goresan tetapi membutuhkan proses pembasahan, penyabunan, atau pemolesan cairan. Lebih baik menggunakan spons khusus untuk membersihkan mobil, bukan spons biasa bekas bangku.

**    Baskom ( Carrier Caddy)
Agar semua peralatan tidak tercecer dibuthkan sebuah tempat (baskom) untuk menaruh seluruh peralatan.

**      Mangkuk atau Bekas Kemasan Sabun Krim
Mangkuk digunakan untuk menaruh cairan pembersih.

**    Kain Khusus untuk Membasuh Air (water Sprite Chamois)
Kain ini digunakan untuk membantu proses pengeringan air pada permukaan basah.

CATATAN: Lebih akrab disebut Kanebo (merek dagang). Nama sebenarnya adalah water sprite chamois. Kain pembasuh berdaya serap air tinggi ini dibuat dari bahan sintetis seperti karet. Ada pula yang membuatnya dengan campuran kulit binatang. Chamois digunakan untuk mengusap sisa air pada bagian yang dibersihkan, bukan untuk mengeringkan.

**     Handuk
Handuk digunakan untuk mengeringkan permukaan yang dibersihkan dari sisa air. Penggunaan handuk berbulu halus dan kuat sangat penting agar serat-serat benang yang tipis tidak tertinggal pada permukaan yang dibersihkan. Lebih baik lagi jika menggunakan handuk bayi.

**      Handuk Microfiber
HAnduk ini digunakan untuk membasuh, membersihkan kotoran dan mengeringkan air pada bodi, kaca,vinyl, plastik, dan kulit. Kain ini juga dapat digunakan untuk menggosokan kompon pada bodi dengan tujuan menghilangkan komposit atau goresan tipis. Selain itu, kain ini dapat dipakai untuk menggosokan formula pelilinan (wax).

CATATAN : Handuk microfiber bisa didapat di took-toko khusus penjual pelumas kendaraan atau toko alat poles mobil. Bahkan, kini ada yang buatan Indonesia. Permukaan handuk microfiber menyerupai handuk bayi. Bedanya, serat-seratnya jauh lebih kecil dan kuat. Satu serat microfiber seribu kali lebih halus daripada rambut manusia. Sementara itu, ketebalannya hanya 10 mikron (rambut manusia rata-rata 250 mikron). Berdasarkan bahan sintetisnya, microfiber terdiri dari empat tipe, yaitu aklirik (acrylic), nilon ( nylon), polister (polyester), dan rayon. Namun, khusus untuk pembersih mobil dibuat dari paduan nilon (polyamide) dan polyester. Handuk microfiber diklaim mampu menyerap air delapan kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kain katun (berbasis kapas).

*    Botol Penyemprot Cairan
Botol Penyemprot digunakan untuk menyemprotkan cairan pada permukaan yang kotor atau ternoda.

*   Batang Kapas Pembersih Telinga (Cotton Butt)
Cotton butt digunakan untuk membantu membersihkan permukaan kotor yang sulit dijangkau, seperti pada ventilasi AC, emblem, lubang kunci, dan sudut-sudut sempit pada mobil.

  Tusuk Gigi ( Toot Pitch)
Tusuk gigi digunakan untuk mencungkit kerak pada bagian-bagian kecil, seperti pada lubang penyemprot air wiper dan emblem.

*     Koran Bekas
Koran bekas digunakan untuk menutupi lantai setelah selesai membersihkan kabin. Biasanya, anda masih masuk ke kabin mengambil sesuatu yang tertinggal. Mungkin ketika anda masuk, pasir yang menempel pada kaki akan mengotori kabin.

CATATAN: Koran bekas juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca-kaca jendela. Tinta yang digunakan untuk tulisan dan gambar pada lembaran Koran merupakan karbon. Karbon inilah yang bisa berfungsi untuk mengangkat jamur pada kaca.

*     Selang Air
Selang air digunakan untuk menyemprotkan air ke seluruh bodi, kolong mobil, roda dan mesin. Sebaiknya digunakan selang air yang panjangnya dapat menjangkau seluruh bodi.

*     Ember
Ember digunakan untuk mengisi air sebagai tempat pembilas kain lap. Ember juga sangat berguna untuk mencuci mobil jika anda tidak mempunyai selang air.

*     AlatPengisap Debu dan Kotoran( Vacuum Cleaner)                                                                          

      Alat ini sangat membantu meringankan proses pengusiran debu dan kotoran pada interior mobil. Pada salon mobil, alat yang digunakan adalah extraction cleaner yang memiliki daya isap lebih tinggi daripada vacuum cleaner.

    Mesin Poles /Alat Poles Mobil( Buffer Machines)
      Hanya pekerja salon mobil professional yang bisa menggunakan alat ini dengan tepat dan benar untuk memoles atau mengkilapkan lapisan cat. Sebaiknya orang awam tidak menggunakan alat ini. Penggunaan yang salah dapat mengakibatkan kerusakan yang fatal pada permukaan                                                                                                                                                              
      
(artikel hanya bisa di temukan di www.alatpolesmobil.com)